ADMINISTRASI
PERKANTORAN
A.Pengertian Administrasi
Perkantoran
Secara etimologis, administrasi
berasal dari bahasa latin yang terdiri dari kata ada yang berarti intensif dan
ministraire yang berarti to serve (melayani). Kata administrasi juga berasal dan bahasa
Belanda, yaitu administrative yang meliputi: kegiatan catat mencatat, surat
menyurat, pembukaan ringan, ketik mengetik, agenda dan sebagainya yang bersifat
teknis ketatausahaan(Suwarno Handayaningrat, 1988: 2)
Sementara itu The Liang Gie (1980) menyatakan
bahwa administrasi adalah segenap rangkaian kegiatan penataan terhadap pekerjaan
pokok yang dilakukan olehsekelompok orang dalam kerja sama mencapai tujuan
tertentu.
Sondang P. Siagian (dalam Filsafat
Administrasi) berpendapat bahwa administrasi merupakan keseluruhan proses
kerjasama antara dua orang manusia atau lebih yang didasarkan atas rasionalitas
tertentu untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan sebelumnya. Dalam
kepustakaan banyak dirumuskan definisi mengenai Administrasi Perkantoran
(Office Management) oleh para ahli.
Dari banyak definisi- definisi tersebut
dapat dirangkumkan bahwa administrasi perkantoran.Merupakan rangkaian
aktivitasmerencanakan, mengorganisasi (mengatur dan menyusun), mengarahkan
(memberikan arah dan petunjuk), mengawasi, dan mengendalikan (melakukan
kontrol) sampai
menyelenggarakan secara tertib
sesuatu hal.
Sumber : (ipdcpoa.files.wordpress.com/…/pengertian-administrasi-perkantoran1)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar